Dinahkodai Aswin Kasim SH, Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Sulut Resmi Dilantik

MANADO, Edisisatu.com, – Pengurus Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Bhayangkara Sulawesi Utara, Selasa (21/11/23) resmi di lantik.

Ketua dan anggota pengurus Koordinator Wilayah (Korwil) Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Sulut periode 2023 – 2027 ini, dilantik langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Nasional, H. Agenanda Djatmika, SE, MBA, dan dihadiri Kapolda Sulut yang di wakilkan oleh Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Sulawesi Utara, AKBP James Sege,

Ketum, H. Agenanda Djatmika, SE, MBA dalam sambutannya singkat menjelaskan basic Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (ADA-RT) Pokdar Kamtibmas Bhayangkara serta program – program dari para pembina (Polri) yang saat ini sudah berjalan.

“Kita hanya menjalankan program yang telah di tunjukan dari para pembina kita. Seperti yang saat ini sedang berjalan, contohnya program yang diutamakan adalah operasi Nusantara Calling System (NCS),” tuturnya

Ia juga menambahkan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara sebagai “Radiator” menginginkan suasana persuasif dan kondusif di kota masing – masing dengan diiringi dengan pernyataan tertulis.

“Pernyataannya, dalam mendekati pesta demokrasi ini, kita beda pendapat itu hal yang biasa tetapi kerukunan kita sebagai warga negara harus tetap di jaga agar akur,”tandasnya.

Sebelumnya di kesempatan yang sama, selaku Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Sulut yang baru di lantik , Aswin Kasim, SH, dalam sambutanya mengungkapkan bahwa personil – personil yang masuk dalam jajaran kepengurusan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Sulut ini, merupakan satu kesatuan dari seluruh komponen masyarakat dan kader – kader tebaik Ormas besar yang ada di Sulawesi Utara.

“Yang ikut bergabung ormas Brigade Manguni (BM), Laskar Manguni Indonesia (LMI) serta tokoh – tokoh masyarakat dan adat yang ada di Sulawesi Utara,” tutur Aswin Kasim SH.

Kepengurusan Pokdar Kamtibmas Sulut hari ini, sungguh luar biasa.

“Sikap otomatis mereka terpanggil di Pokdar Kamtibmas. Saya hanya menyampaikan bahwa ada organisasi baru yang belum lima tahun berjalan di Sulut namun eksisnya luar biasa dan organisasi ini binaan Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban negara ini,” sambung Aswin Kasim.

Lebih lanjut Aswin katakan, organisasi ini tidak di dipersenjatai  namun Pokdar Kamtibmas Bhayangkara siap siaga untuk menyampaikan program Рprogram pembinaan Kamtibmas.

“Pokdar Kamtibmas Bhayangkara memang tidak di dipersenjatai namun kita memakai senjata lidah dan konsep – konsep ketertiban dan keamanan dan ini penting,” tuturnya

Aswin Kasim juga katakan, pengurus – pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Sulut siap menjalankan roda organisasi dengan program – program yang sebentar nanti akan kami sosialisasikan.

“Kami akan terus mengimplementasikan dan mensosialisasikan program – program organisasi ini dari tingkat resort, sektor sampai ke seluruh sub sektor yang ada di Sulawesi Utara,” tegasnya

Di ujung sambutannya Aswin Kasim selaku Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Sulut yang baru di lantik menegaskan bahwa tujuan dari organisasi ini untuk menciptakan suasana kondusif dan persuasif di tengah – tangah masyarakat menjelang pesta demokrasi.

“Dan perlu di garis bawahi bahwa Keamanan dan Ketertiban merupakan harga mati melebihi program kepengurusan Pokdar Kamtibmas Bhayangkara.” tandasnya

Sementara itu, dalam memberikan bimbingan Kapolda Sulut yang di Wakilkan Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Sulawesi Utara, AKBP James Sege, mangatkan sebagai kelompok sadar keamanan dan ketertiban yang baru di lantik harus menjadi contoh dan tauladan di tengah – tangah masyarakat.

“Jadi jangan sampai kita sendiri yang menjadi pemicu atau Trigger di tengah – tengah masyarakat, tetapi kita harus memberi contoh dan suri tauladan karena bapak – bapak ini di lantik sebagai kelompok sadar Kamtibmas untuk memberikan nasehat atau arahan kepada masyarakat tentang kamtibmas menjelang pemilu dan nanti bisa distribusi laporannya ke direktorat binmas tiga bulan sekali yang nantinya akan di sampaikan ke Kapolda.” tutup

 

(Opies)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *