Diduga Selundupkan Pengurus Parpol di Timsel Bawaslu, DKPP Didesak Copot Herwyn Malonda

JAKARTA, Edisisatu.com,- Oknum anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia (RI), Herwyn Malonda mendapat sorotan dan kritikan publik. Kali ini bukan soal dugaan korupsi, melainkan dugaan penyalahgunaan kewenangan. Dimana Herwyn di duga telah menyelundupkan kader partai politik sebagai Tim Seleksi (Timsel) di salah satu Bawaslu Provinsi di Indonesia.

“Saudara Herwyn Malonda harus bertanggung jawab atas praktek culas yang dilakukan ini. Dimana kader partai, atas nama Pengasihan Santo, bahkan pengurus Partai Garuda yang pernah ikut Caleg di Provinsi Sulawesi Utara malah dijadikan sebagai Timsel pada seleksi Bawaslu Kalimantan Utara. Ini jelas melanggar kode etik,” ujar Hidayat¬† Samaun selaku Koordinator LSM Transparansi Sulut, Sabtu, (3/6/2023) kepada sejumlah media.

Atas pelanggaran etik tersebut, Hidayat meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memanggil dan memproses Herwyn. Menurutnya sebagai Ketua Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat wajib dipertanyakan kerjanya. LSM Transparansi Indonesia bahkan siap memasukkan laporan atas sikap abuse of power yang diduga kuat dilakukan Herwyn ke DKPP

“Ini namanya penyelahgunaan kewenangan dan wajib diberi sanksi tegas. Kami akan mengajukan laporan resmi ke DKPP. Dari sisi etika bahwa apa yang dilakukan Herwyn sangatlah memalukan. Tidak boleh persoalan seperti ini dibiarkan begitu saja, karena Pemilu 2024 akan syarat dengan persoalan jika individu-individu seperti ini dibiarkan dan diberi tugas oleh negara sebagai Bawaslu RI,” tutur Hidayat

Tak hanya itu, beberapa kasus yang diduga melibatkan Herwyn secara langsung mencemarkan nama baik Lembaga Bawaslu. Sehingga pihaknya meminta DKPP dan institusi berwenang harus mengambil peran aktif mengecek, melacak proses seleksi Bawaslu yang terkuat informasi ada praktek transaksional disejumlah daerah.

(**)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *