Serentak Se-Indonesia, Perum Bulog Divre SulutGo Melaksanakan Operasi Pasar Sigap SPHP

SULUT, Edisisatu.com, – Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional (Perum Bulog Divre) Kantor Wilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo) melaksanakan Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), Senin (28/8/23) di pasar Bersehati Kota Manado.

Pimpinan Wilayah Perum Bulog Drive SulutGo, Abdul Muis S Ali mengatakan, operasi pasar ini dilakukan untuk mengantisipasi musim paceklik.

“Bulog melakukan operasi pasar secara rutin untuk menjaga stabilisasi harga beras di pasaran,” kata Abdul Muis.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan dalam operasi pasar ini pendistribusian beras medium SPHP ke pedagang pengecer, sehingga masyarakat bisa langsung membeli beras SPHP ini langsung di kios pengecer yang menjual beras ini.

“Untuk hari ini di Pasar Bersehati didistribusikan ke 33 Kios yang ada dengan jumlah beras SPHP 20.000kg,” lanjut Abdul Muis

Sementara pelaksanaan SPHP beras di tingkat konsumen pada 2023 akan menggunakan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di gudang Bulog.

Selain sebagai upaya menjaga daya beli masyarakat, penyaluran beras Program SPHP juga sebagai upaya pemerintah untuk menjaga stabilisasi harga di pasaran, maupun mencegah terjadinya inflasi.

Beras Program SPHP ini dijual dengan harga terjangkau bagi masyarakat yakni sekitar Rp9.450 per kilogram untuk wilayah Sulawesi Utara dan hal itu mendapat respon yang sangat positif dari pedagang Pasar Bersehati.

Nansi Dandel, salah pemilik kios Esa Anugrah Pasar Bersehati mengatakan, dengan kondisi saat ini, beras SPHP menjadi incaran warga.

“Untuk SPHP sekarang lagi lancar karena harga beras lagi naik jadi beras murah yang dicari masyarakat,” tuturnya.

Untuk stok sebenarnya bisa lebih namun disesuaikan dengan tempat usahanya.

“Sebenarnya untuk stok bisa lebih namun disesuaikan dengan tempat usaha,”lanjut Dandel.

ia juga mengatakan, kualitas beras Pemerintah saat sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Saat ini kualitas beras pemerintah sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,”pungkasnya.

(Opies)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *